Logo Permadani Format Vector dan Filosofinya

Logo Resmi Permadani

Permadani adalah singkatan dari Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia. Beberapa bulan ini saya mengikuti kegiatan Pawiyatan Panatacara tuwin Pamedhar Sabda Permadani Kota Magelang yang diselenggarakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang.

Menjelang akhir kegiatan, saya mendapat tugas untuk membuat buku kenangan. Saya mencoba mencari logo Permadani format vector di google, namun tidak juga menemukan. Saya hanya menemukan logo berformat .jpg dengan resolusi yang tidak begitu besar. Oleh karena itu saya mencoba menggambar ulang logo Permadani tersebut dengan aplikasi desain andalan saya: Inkscape.

Berdasarkan AD/ART, makna atau filosofi logo Permadani adalah :

  1. Rincian makna lambang berntuk bundar bergerigi lima adalah sebagai berikut :
    • Permadani merupakan organisasi yang berazas Pancasila dan berlandaskan UUD 1945.
    • Permadani merupakan suatu organisasi bergerak secara dinamis dan terus menerus berjalan secara teratur dan pasti.
    • Permadani merupakan wahana mendapatkan kesejahteraan batin dilambangkan dengan dunia dengan gunung-gunungnya sebagai tempat hidup manusia dengan keragaman budaya untuk memperoleh kesejahteraan hidup.
  2. Dasar lambang berupa warna merah dan putih (gula klapa), cerminan keberanian yang dilandasi kebenaran dan kesucian, menggambarkan bahwa di dalam setiap gerak langkah untuk mencapai tujuan, Permadani selalu berpijak pada norma-norma kebenaran, berani memperjuangkan cita-citanya demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.
  3. Lukisan dalam lambang terdiri dari 17 bulir padi dan 8 kuntum kapas mengandung makna :
    • Tanggal proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.
    • Bulan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.
    • Padi dan kapas menggambarkan murah sandang dan pangan bagi seluruh warga negara Indonesia.
  4. Tulisan ” Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia” :
    • Tulisan disusun melingkar, melambangkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
    • Tulisan PERMADANI di dalamnya, menunjukkan identitas organisasi yang diberikan oleh tokoh kebudayaan dan dalang terkenal, Ki Nartosabdo.
    • Tulisan berwarna putih terukir pada lingkaran berwarna dasar hitam, melambangkan kebulatan tekad anggota Permadani dalam ikut serta manusia seutuhnya dan ikut serta mencerdaskan bangsa dengan menggali, melestarikan, mengembangkan kebudayaan nasional, peninggalan para leluhur.
  5. Lukisan Ganesha adalah lambang ilmu pengetahuan bermakna Permadani berusaha menyelenggarakan pendidikan guna mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara melalui bidang seni dan budaya.
  6. Lukisan nekara adalah lambang budaya, bermakna bahwa Permadani mempunyai tugas menggali, melestarikan, dan mengembangkan budaya daerah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai cerminan jatidiri bangsa.

Untuk Panjenengan yang mungkin membutuhkan logo Permadani format vector tersebut, silakan mengunduh pada tautan di bawah. Semoga membantu dan bermanfaat.

Logo Permadani Format Vector.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s